Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Mengapa Lampu Traffic Light Di Seluruh Dunia Berwarna Merah-Kuning-Hijau?

Pernah anda berpikir ketika berhenti di Traffic Light (TL) kenapa warna lampu di seluruh negara adalah merah, kuning dan hijau? Jika anda belum tahu jawabannya, mari simak sejarah lampu TL yang berwarna merah kuning hijau tersebut.

Mengapa Lampu Traffic Light Di Seluruh Dunia Berwarna Merah-Kuning-Hijau?

Awalnya, lampu TL digunakan untuk kereta dengan warna merah sebagai berhenti, hijau sebagai berhati-hati dan putih adalah bergerak.

Namun, hal itu menjadi masalah ketika bekas warna lampu tertanggal yang menyebabkan pengemudi kereta mengangap sinyal sebagai putih yang artinya bergerak. Kondisi di waktu malam juga berbahaya karena ada yang keliru melihat bulan purnama sebagai lampu putih dan sulit dilihat pada siang hari.



                                                     Lampu Sinyal Pertama Di Dunia

Akhirnya lampu di jalan raya diperkenalkan dengan warna merah dan hijau saja di London pada 1868 dengan menggunakan lampu gas.

Mengapa Lampu Traffic Light Di Seluruh Dunia Berwarna Merah-Kuning-Hijau?

Lampu itu diperkenalkan oleh J.P. Knight dan dibangun oleh perusahaan insinyur kereta Saxby & Farmer. Namun, lampu ini mudah meledak dan mengakibatkan polisi yang mengontrol lampu TL cedera. Jadi, lampu sinyal tidak digunakan sampai lampu beroperasi menggunakan lampu listrik.



                                            Salah satu Lampu Sinyal Pertama Di Amerika Serikat

Lampu listrik dibangun pada 1912 oleh Lester Wire, seorang anggota polisi di Amerika Serikat dengan menggunakan warna merah dan hijau.

Akhirnya warna kuning ditambah untuk memberi maksud berhati-hati serta mengatasi masalah lampu putih yang mudah membingungkan sopir.

Pada 1923, Garrett Morgan mematenkan versi lampu isyaratnya yang akhirnya dibeli oleh perusahaan General Electric dengan harga USD 40 000.

Saat ini, lampu sinyal telah ditingkatkan dengan menggunakan lampu LED yang lebih jelas terlihat dan lebih tahan dibandingkan lampu bohlam dengan layar berwarna yang akan luntur warnanya.


Lampu isyarat berwarna merah juga ditambahkan sedikit warna oranye dan hijau ditambah sedikit warna biru untuk membantu pengemudi yang buta warna.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Mengapa Lampu Traffic Light Di Seluruh Dunia Berwarna Merah-Kuning-Hijau? di blog Blogger mBantul jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com