Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Ajaib ! Laut Di Korea Selatan Terbelah [ FOTO Dan VIDEO]

Sebuah fenomena alam yang melahirkan suatu keajaiban memang selalu menarik perhatian banyak orang. Lebih-lebih jika kisah di balik fenomena tersebut sulit dijelaskan. Bahkan, banyak sebenarnya fenomena menakjubkan terjadi di dunia ini yang kurang diketahui banyak orang, meski terjadi hampir setiap tahun.

Salah satu fenomena yang tidak kurang menariknya adalah kejadian laut terbelah yang terjadi di Pulau Jindo, provinsi Jeollanam-do di wilayah barat daya Korea Selatan. Pulau ini adalah yang ketiga terbesar di negara itu dan terletak dekat pulau Jejudo dan Geojodo.
  

Ajaib ! Laut Di Korea Selatan Terbelah [ FOTO Dan VIDEO]


Bayangkan dalam waktu sejam, anda dapat menyaksikan kekuasaan Allah ketika lautan yang sebelumnya dipenuhi air dan secara tiba-tiba terbelah dan membentuk jalur sementara sepanjang 2,8 kilometer dan selebar 40 hingga 60 meter.

Kejadian itu pasti mengingatkan kita terhadap kisah Nabi Musa yang 'membelah laut' untuk membawa pengikutnya yang taat kepada Allah SWT melarikan diri dari kekejaman Firaun.

Tetapi apa yang terjadi di laut di Jindo itu berbeda ceritanya. Hal itu terjadi karena factor alam, yaitu terjadinya tabrakan arus surut secara bersamaan yang menyebabkan permukaan air surut sebanyak enam sampai tujuh meter.

Ajaib ! Laut Di Korea Selatan Terbelah [ FOTO Dan VIDEO]


Tabrakan arus ini menghasilkan jalur untuk menghubungkan dua daratan yang sebelumnya kebanjiran. Ia juga sering terjadi pada jam 5 atau 6 sore dan disambut melalui pesta besar-besaran yang dikenal 'Jindo Yeongdeung Festival' atau Pesta Laut Terbelah Jindo.

Inilah video ketika para wisatawan menyambut terbelahnya laut:



Bahkan Pesta Laut Terbelah Jindo ini biasanya diadakan tiga kali setahun yaitu pada Maret atau Mei dan Juli. Namun, sambutan luar biasa wisatawan lokal dan asing yang mencapai 400.000 orang membanjiri pesta itu menyebabkan pemerintah memutuskan untuk turut merayakan pesta tersebut pada April.

Untuk mendapatkan pemandangan paling menarik laut terbelah dan membentuk jalur, orang bisa menikmatinya baik dengan memanjat bukit atau berjalan-jalan sendiri di jalur itu.

Banyak orang tidak ingin melepaskan kesempatan untuk melihat detik-detik keajaiban itu. Dan tidaklah mengherankan jika akhirnya lautan itu terbelah, orang kemudian  berbondong-bondong melintasi jalur itu dan merayakannya bersama teman-teman mereka teman untuk ‘menyatukan’ daratan kepulauan Jindo dan Modo. Ada juga  yang mengambil kesempatan mencari tiram, gulma dan hasil laut lainnya.

Ajaib ! Laut Di Korea Selatan Terbelah [ FOTO Dan VIDEO]


"Inilah keajaiban yang tidak mungkin disaksikan di tempat lain. Dalam sekejap, laut terbelah dan memperlihatkan dasarnya. Tidak ada kata yang dapat menggambarkan ketakjuban melihat satwa laut seperti kerang dan beberapa makhluk laut yang sebelumnya hidup di dasarnya, tiba-tiba muncul, "kata wisatawan lokal, Cho Eun-Jun yang dikutip media setempat, baru-baru ini.

Faktanya, tidak banyak yang tahu tentang keberadaan fenomena itu sampai pada 1975, ketika seorang duta Prancis ketika itu, Pierre Randi, mengunjungi Korea Selatan dan menulis tentang fenomena itu dalam sebuah koran di negaranya.

Namun, seperti juga banyak kejadian aneh lain, ada kisah atau kepercayaan rakyat setempat di balik fenomena itu. Ia dikaitkan dengan sebuah desa di Jindo yang diserang harimau yang menyebabkan penduduk daerah itu lari ke pulau Modo untuk berlindung. Sayangnya, seorang wanita tua, Pong, yang tidak berdaya tertinggal. Dalam kondisi serba tersedak dia memohon bantuan Dewa Laut, yang kemudian memisahkan laut dan membantu wanita malang itu lari dari hewan liar tersebut.

Ketika laut itu terbelah, banyak penduduk yang berlari ke Modo, memainkan gong dalam usaha mereka mencari wanita tersebut. Wanita itu, meski akhirnya meninggal dunia, tetapi sebelum mati, wanita ini sempat membisikkan: "Doaku dimakbulkan. Jalur laut terbuka dan aku dapat melihat kamu semua. Kini, harapanku sudah terlaksana. Aku bisa meninggal dengan tenang. "

Nama asal daerah itu, Hodong, kemudian dikonversi ke Hoedong, berarti 'Kampung Orang yang Kembali', untuk mengingat kisah Pong.

Selain di Korea, kejadian itu turut dipopulerkan di Jepang, setelah penyanyi wanitanya, Dendo Yomishi, mennyanyikan lagu fenomena Jindo itu pada 1996.

Fakta Tentang  Laut Terbelah Di Korea

Terjadi dua kali setahun yaitu  Maret atau Mei dan Juli.
Secara ilmiah, kejadian itu disebabkan penurunan tajam kadar air laut akibat tabrakan air pasang dan surut secara serentak.
Ini juga disebabkan gravitasi antara bulan dan matahari.
Fenomena itu terjadi selama sejam dan mengungkapkan bagian dasar lautannya yang membentuk jalur untuk menghubungkan daratan Jindo dan pulau sekitarnya.

Menjadi salah satu  acara atraksi utama wisatawan ke Korea Selatan, setiap tahun.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Ajaib ! Laut Di Korea Selatan Terbelah [ FOTO Dan VIDEO] di blog Blogger mBantul jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

1 comments :

Wow keren.

Balas