Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Ternyata Minum Air Putih Tidak Baik Pada 5 Keadaan Ini

Minum air putih memang sering dianjurkan oleh ahli kesehatan. Semua orang juga bilang kalau minum air putih sebanyak 2 liter per hari itu sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Tapi, tahukah kamu kalau pada kondisi dan umur tertentu justru kita tidak diperbolehkan minum air putih sebanyak saat kita masih muda dan dalam keadaan normal?

Minum Air Putih Tidak Baik Pada 5 Keadaan Ini


      1-      Penyakit Ginjal

Hal pertama yang harus diwaspadai adalah ketika ginjal sudah terinfeksi dan kinerja organ tubuh tersebut sudah semakin melemah sehingga penyerapan dan pengeluaran air sudah tidak maksimal. Bagi penderita penyakit ginjal, minum air terlalu banyak akan berpengaruh terhadap komplikasi organ tubuh lainnya. Hal ini disebabkan oleh ginjal sudah tidak mampu membuang cairan sehingga cairan tubuh yang sudah tidak diperlukan justru akan tertimbun.

      2-      Usia Renta

Saat memasuki usia 30 sampai 40-an, ginjal manusia memiliki kinerja yang lebih lambat dibandingkan saat masih produktif. Oleh karena itu, disarankan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi air minum, terutama air yang berasa dan berwarna.

      3-      Saat Olahraga

Saat berolahraga, tubuh dalam kondisi yang tidak sama dengan saat kita terdiam atau melakukan aktivitas lainnya. Suhu tubuh pada saat olahraga biasanya akan lebih meningkat. Namun, banyak orang yang salah kaprah sehingga mengonsumsi banyak cairan saat atau setelah olahraga. Padahal, hal tersebut justru akan memicu tubuh kelebihan cairan dan bahkan bisa menyebabkan kematian.

      4-      Saat Makan

Saat makan, kamu dianjurkan untuk tidak minum air karena hal itu bisa menyebabkan sistem pencernaan tidak berjalan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh pada saat lambung sedang mengeluarkan hormon pelancar pencernaan, air yang diminum justru akan terserap dalam dinding usus lambung sehingga bercampur dengan hormon-hormon tersebut. Akibatnya, makanan tidak dapat dicerna dengan sebaik-baiknya.

      5-      Sebelum Tidur

Minum air sebelum tidur bisa mencegah terjadinya aliran balik karena apabila air bercampur dengan asam lambung, hal tersebut akan membuat cairan memasuki tenggorokan dan terhirup oleh paru-paru.

Dan terakhir tentu saja, waktu yang dilarang untuk minum air putih adalah saat puasa. (lintas.me)
Terima kasih telah membaca artikel tentang Ternyata Minum Air Putih Tidak Baik Pada 5 Keadaan Ini di blog Blogger mBantul jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com