Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com

Cara Ampuh Mencegah Penyakit Ginjal

Cara Ampuh Mencegah Penyakit Ginjal – Menderita penyakit ginjal barangkali adalah satu mimpi buruk yang amat menakutkan. Dan penyakit  ginjal menjadi ancaman tersendiri di dunia dan tiap tahun prevalensinya terus meningkat. Lantas, bagaimana tindakan pencegahannya?

Ketua Perhimpunan Nefrologi Indonesia (PERNEFRI) dr. Dharmeizar, SpPD-KGH mengatakan bahwa tindakan pencegahan lebih penting daripada pengobatan. Seperti kita ketahui, dalam penyakit ginjal terdapat lima tahapan dan harus dicegah masuk pada stadium satu.

Cara Ampuh Cegak Penyakit Ginjal


Cara Ampuh Mencegah Penyakit Ginjal


“Tujuan dari tindakan pencegahan ini adalah mencegah terjadinya penyakit ginjal kronik, serta memperlambat atau menghindari timbulnya penyakit ginjal kronik tahap akhir,” jelasnya pada acara bertema "RSCM Sukses Lakukan 100 Transplantasi Ginjal dengan Teknik Laparoskopi dalam 2 Tahun" di RSCM Kencana, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu, 5 Februari 2014.

Lebih lanjut, dr. Dharmeizar menjelaskan bahwa tindakan pencegahan pertama yang dilakukan dengan deteksi awal. Di antaranya bisa dengan memeriksa tekanan darah, terutama bila berusia di atas 50 tahun. Selain itu, deteksi awal penyakit ginjal kronik dapat dilakukan dengan tes carik celup atau microalbuminur jika mempunyai penyakit diabetes.

“Lalu, harus seberapa seringkah tes tersebut dilakukan? Tes dilakukan setiap 12 bulan. Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan urin lengkap di laboratorium, kemudian pemeriksaan ureum dan kreatinin, gula darah, dan kolesterol,” jelasnya.


Sementara dr. Dharmeizar menganjurkan untuk melakukan hidup sehat dengan mengonsumsi makanan rendah lemak, membatasi asupan garam, minum air putih minimal 2 liter. Selain itu, rutin berolahraga dan menghindari kondisi obesitas juga mengurangi risiko dan mencegah terkena penyakit ginjal. (okezone)
Cara Cegah Penyakit Ginjal
Terima kasih telah membaca artikel tentang Cara Ampuh Mencegah Penyakit Ginjal di blog Blogger mBantul jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Mas Sehat | Blog Tentang Kesehatan | Mas Sehat ~ Blog Tentang Kesehatan | www.mas-sehat.com